MULTIMEDIA INTERAKTIF HASIL PENGEMBANGAN
Multimedia sebenarnya adalah suatu istilah generik bagi suatu media yang
menggabungkan berbagai macam media baik untuk tujuan pembelajaran maupun bukan.
Keragaman media ini meliputi teks, audio, animasi, video, bahkan simulasi. Tay
(2000) memberikan definisi multimedia sebagai : kombinasi teks, grafik, suara,
animasi dan video. Apabila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol
maka hal ini disebut multimedia interaktif. Kamus Informasi dan Teknologi
karangan Dudy Misky (2005:180) mendefinisikan multimedia sebagai suatu PC,
sistem dokumen, dan lain-lain yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film
atau media lain. Mengutip dari Robin dan Linda, Suyanto (2003:21) mengartikan
Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.
Interaktif merupakan suatu proses pemberdayaan
siswa untuk mengendalikan lingkungan belajar (Soenarto, 2009). Dalam konteks
ini lingkungan belajar yang dimaksud adalah belajar dengan menggunakan
komputer. Klasifikasi interaktif dalam lingkup multimedia pembelajaran bukan
terletak pada sistem hardware, tapi lebih mengacu pada karakteristik belajar
siswa dalam merespon stimulus yang ditampilkan layar monitor komputer. Kualitas
interaksi siswa dengan komputer sangat ditentukan oleh kecanggihan program
komputer.
Posisi media pembelajaran sebagai sumber belajar
akan mulai menggeser fungsi guru terutama sebagai sumber belajar. Salah satu
media yang dapat menjalankan fungsi demikian tersebut adalah program multimedia
interaktif sebagai media pembelajaran, keunggulan program multimedia
interaktif, di antaranya interaktif, memberikan iklim afeksi secara individual,
meningkatkan motivasi belajar, memberikan umpan balik, dan kontrol
pemanfaatannya sepenuhnya berada pada penggunanya (Munadi, 2008). Jenis program
multimedia interaktif antara lain berupa drill and practice, tutorial,
simulation, education games (edutaiment), problem solving, dan inquiry.
Program media pembelajaran interaktif hasil
pengembangan ini mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:
1. Sebagai media pembelajaran berbantuan komputer yang bisa digunakan oleh
guru yang berbeda-beda mata pelajaran yang diampunya.
2. Materi pembelajaran bisa diganti-ganti sesuai keperluan pembelajaran.
3. Hanya perlu sekali install pada komputer atau laptop selanjutnya bisa
digunakan terus menerus.
4. Pengoperasian program yang mudah dan familier. (4) Tidak membutuhkan
komputer atau laptop dengan spesifikasi khusus (support terhadap kondisi komputer
atau laptop saat ini).
Selain mempunyai beberapa kelebihan seperti
tersebut di atas, program media pembelajaran interaktif ini juga mempunyai
beberapa kekurangan, yaitu:
1. Keterbatasan menu atau fasilitas yang disediakan.
2. Perlu kecermatan dalam penamaan file-file materi yang akan digunakan,
karena jika nama dan ekstensi file tidak sama persis seperti yang
dipersyaratakan, program tidak jalan dan error.
Dalam kegiatan pembelajaran saya tipe yang
tidak suka membaca buku, untuk itu di kelas saya kesulitan memahami konteks
sebuah materi apabila di sajikan dalam bentuk teks yang panjang, saya juga
mempunyai kekurangan dalam memperhatikan penjelasan guru dengan menggunakan ppt
yang isinya teks semua karena itu menyebabkan saya bosan, untuk itu saya
membuat sebuah multimedia interaktif yang membantu saya memahami materi dengan
pokok-pokok dan menyajikan berbagai animasi dan gambar yang menarik sehingga
akan meningkatkan minat siapa saja yang melihatnya. Dalam multimedia yang saya
buat saya juga memasukkan video percobaan kimia, karena saya lebih mudah
memahami materi apabila materi tersebut langsung di sajikan dengan objeknya.
PERMASALAHAN
1. Bagaimana tanggapan anda tentang mutimedia yang saya buat? Apakah ada saran
untuk dijadikan acuan sebagai pembuatan multimedia selanjutnya?
2. Menurut anda apakah multimedia interaktif ini cocok digunakan untuk materi
dalam pembelajaran kimia dan untuk diterapkan didalam kelas yang besar?
Saya akan menanggapi pertanyaan no 2;
BalasHapusMenurut saya cocok karena media ini Program ini dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintahan, pendidikan, maupun perorangan dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media komunikasi yang menarik.
Yang menjadikannya media ini menarik untuk digunakan sebagai alat presentasi yaitu berbagai kemampuan pengolahan teks, warna, gambar, serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreatifitas penggunanya. Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya. Unsur yang dimaksud terdiri dari slide, teks, gambar, dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia.
Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai dengan keinginan kita. Seluruh tampilan dari program ini dapat kita atur sesuai dengan keperluan, apakah akan berjalan sendiri sesuai dengan timing yang kita inginkan, atau berjalan secara manual, yaitu dengan mengklik tombol mouse. Biasanya jika digunakan untuk menyampaikan materi atau bahan ajar yng mementingkan terjadinya interaksi antara peserta didik dengan tenaga pendidik, maka kontrol operasinya menggunakan cara manual.
Jadi tinggal bagaimana guru membuatnya menjadi menarik sehingga dapat memusatkan perhatian siswa.
Baiklah saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 1. Dimana presentasi multimedia yang anda buat sudah sangat bagus, dimana multimedia yang anda buat dapat mengefektifkan waktu belajar siswa agar tidak banyak memuang waktu. Saya hanya ingin memeri saran bahwa menurut saya seharusnya dalam multimedia anda, anda sedikit menjelaskan dikarenakan siswa cenderung malas membaca, dimana dengan menjelaskan maka siswa tidahhanya membaca tetapi juga mendengarkan yang akan membuat daya ingat anak lebih baik.
BalasHapusSependapat dengan wahyu, sebaiknya dalam pengembangan multimedia perlu diperkirakan text ataupun gambar apa saja yang kiranya menambah minat, dan mengatasi permasalahan belajar setiap diri inaividu. Menurut saya untuk pemberian textnya masih banyak.
Hapusterimakasih sarannya wahyu, hudia. saya sependapat dengan anda seharusnya dalam pembuatan multimedia interaktif ini itu kita mengurangi pemakaian teks dan menggantinya dengan audio karena siswa akan lebih memahami jika melihat sekaligus mendengar
HapusMenjawab permasalahan no. 2
BalasHapusMenurut saya sudah cocok karena perpaduan antara teks dan gambar dapat memberikan penjelasan mengenai materi lebih efektif dan dapat pula diperhatikan oleh semua orang dengan bantuan proyektor atau infocus. Saran saya mungkin bisa ditambahkan lagi animasi yang menarik dan relevan dengan materi agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa akan bersemangat untuk memperhatikan presentasi tersebut.
Saya sependapat dengan saudari mutia namun perlu penambahan audio penjelasan agar multimdeia INI bisa digunakan siswa dalam pengulangan dirumah
HapusMenurut anda apakah Menanggapi permasalahan suadari ulan, menurut saya multimedia interaktif cocok digunakan untuk materi dalam pembelajaran kimia dan untuk diterapkan didalam kelas yang besar. Seperti yang saudara buat, sebaiknya tulisan yang panjang itu dipersingkat dengan melalui audio saja.
HapusSaya akan menjawab permasalahan nomor 2.
BalasHapusMenurut saya, media yang anda gunakan sudah bagus, selain terdapat materi berupa tulisan tulisan, juga dilengkapi gambar untuk memperjelas materi yang dipaparkan. Namun akan lebih baik lagi jika dimasukkan video untuk contoh dalam kehidupan sehari-hari, ataupun video yang dapat lebih memperjelas materi yang disampaikan.
Saya mau menanggapi permasalahan no.2
BalasHapusMenurut saya,cukup efektif digunakan dalam pembelajaran kimia karena media yang anda buat sudah bagus karena dilihat tatanan slidenya yang rapikan lebih sederhana dengan menggunakan hyperlink hd sangat membantu mengemas materi kimia yang banyak materi menjadi lebih sederhana, hanya saja perlu diperhatikan gambar dan animasi dalam paduan dengan materi lebih dicocokkan sehingga anak lebih paham dengan materi yang disampaikan.
saya menanggapi permasalahan anda yang pertama.Multimedia yang anda buat sudah bagus, tetapi alangkah lebih baiknya apabila ditambahkan vidio agar dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar serta membantu siswa dalam memahami materi pelajaran sel volta.
BalasHapusMenurut saya multimedia yang anda buat bagus untuk diterapkan dikarenakan sudah memuat teks, gambar dan vidio yang jelas. namun , saran saya ditambahkan lagi animasi yang menarik agar siswa lebih memahami pelajaran yang diberikan . Namun, animasi yang ditambahkan animasi yang berkaitan dengan materi tersebut dan lebih berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
BalasHapusSaya akan menanggapi permasalahan no 2
BalasHapusMenurut saya pengembangan multimedia interaktif efektif, pembelajaran Kimia untuk perolehan belajar misalnya konsep Ikatan Kimia, dapat disimpulkan bahwa Profil atau
tampilan multimedia interaktif yang dikembangkan adalah program Microsoft
Office PowerPoint dalam bentuk presentation show yang didukung oleh
hyperlink. Keunggulan multimedia Interaktif ini dalam bentuk ;
a) Tampilan
gambar, narasi, animasi, video, bahasa yang jelas sehingga memberi motivasi
belajar yang tinggi bagi pebelajar;
b) dapat digunakan pendidik sebagai alternatif pembelajaran aktif;
c) pebelajar dapat menggunakannya untuk belajar secara mandiri, kapan dan dimana saja tanpa harus ada kehadiran pendidik. Perolehan belajar pebelajar dengan menggunakan multimedia interaktif pembelajaran Kimia
yang telah dikembangkan untuk konsep Ikatan Kimia menghasilkan kualifikasi
baik (tuntas) dari kriteria ketuntasan minimal. Hal ini menyatakan bahwa
multimedia interaktif pembelajaran Kimia yang telah dikembangkan dapat
digunakan untuk pembelajaran Kimia khususnya untuk konsep Ikatan Kimia.
saya ingin mencoba menjawab persoalan nomor 3, multimedia yang digunakan menurut saya yaitu power point yang dikombinasikan dengan banyak hal misalnya video, gambar, games dan lain-lain tetapi didalam pembelajaran dibuat seperti kelas diskusi .
BalasHapus